Presentasi Pertama Surveilance Epidemiologi


 SURVEILANCE EPIDEMIOLOGI
Suveilance Epidemiologi adalah kegiatan analisis secara sistematis dan terus menerus terhadap penyakit atau masalah kesehatan dan kondisi yang mempengaruhi terjadinya peningkatan dan penularan penyakit atau masalah-masalah kesehatan tersebut, agar dapat melakukan tindakan penanggulangan secara efektif dan efisien melalui proses pengumpulan data, pengolahan dan penyebaran informasi epidemiologi kepada penyelenggara program kesehatan (Kepmenkes No 1116/MENKES/ SK/VIII/2003).


Pada tahun 1348,  Adanya Epidemi Pes di Eropa (black death) dan saat itu deteksi penyakit (pengertian surveilans primitif), yaitu  Belum ada sist pelayanan kesehatan, belum ada sist klasifikasi penyakit, belum ada pengukuran statistic. Tahun 1680, Di London, John Graunt menerbitkan Bills Of Mortality  yang berisi hukum dasar kelahiran dan kematian. Tujuannya adalah untuk mengembangkan prinsip  surveilans kesehatan (penghitungan penyebab kematian spesifik, rata2 kematian, konsep pola penyakit).  Tahun 1850,  Lemuel Shattuck dan Willian Farr mempublikasikan laporan tentang  kematian umum, kelahiran dan kematian ibu& bayi,  dan penyakit menular, penyebab kematian, klasifikasi kesehatan berdasar usia, jenis kelamin dan pekerjaan. Di AS,  Fokus pada Penyakit menular didasari  wabah cacar, kolera dan demam kuning di Rhode island tahun 1741, poliomyelitis tahun 1916, pandemic influenza  tahun 1918-1919. National office of Vital Statistic (1952) lalu membuat Morbidity and Mortality Report (MMWR) . Sejak 1961 Surveilance menjadi tanggungjawab CDC.


Tujuan:
A.  Umum
Sebagai informasi epidemiologi tertentu dan mendistribusikan informasi tersebut kepada pihak terkait untuk ditindaklanjuti.
B.   Khusus
-      Epidemic (Outbreak) detection and predicting Monitoring trends in endemic disease
-      Evaluating an intervention
-      Monitor progress towards a control objective
-      Monitor programme performance
-      Epidemic (Outbreak) prediction
-      Estimate future disease impact
Tahapan pelaksanaan surveilans:
1.    Pengumpulan Data
Pengumpulan data merupakan tahap awal dan tahap yang krusial. Pengumpulan Data bisa dengan surveillance aktif maupun surveillance pasif. Surveilance aktif, yaitu pengumpulan data dengan datang langsung ketempat kejadian yang menjadi obyek surveilance. Sedangkan surveilance pasif adalah pengumpulan data dengan menunggu data tersebut dikirim atau dikasih oleh seseorang kepada kita.
Data yg dikumpulkan harus :
a.   Sistematis : urutan jelas, shg waktu analisis
mudah mengambil kesimpulan
b.   Terus-menerus : untuk melihat tren & variasi
c.   Lengkap, tepat waktu, benar serta jujur
Metode pengumpulan data:
1.    Pengamatan / Observasi
2.   Wawancara / Interview
3.   Angket / Quesioner
4.   Dokumentasi

2.  Pelaporan Data
Pelaporan data dapat dilakukan tiap mingguan/bulanan/tahunan dan laporan harus sesuai dengan data yang ada. Pelaporan data bisa tidak hanya dilakukan secara langsung (face to face) tapi juga bisa lewat telepon, email, fax, dll.
3.  Analisis & Interpretasi Data
Analisis bisa dilakukan dengan 2cara:
1.             Univariat -> menghitung proporsi atau menggunakan statistik deskriptif (mean,modus,SD)
2.         Bivariat -> membuat:
a.           Tabel (mghitung proporsi)
b.           Grafik (analisis kcendrungan)
c.           Peta(analisis mnrt tempat & waktu)
Analisis lebih baik dikerjakan dengan tim. Lalu, Interpretasikanlah data dengan cara membandingkannya dengan daerah lain.
4.  Evaluasi Sistem
Bisa dilakukan saat sistem sedang berjalan maupun sudah berjalan. Evaluasi dapat mencakup:
ü     Efektifitas sistem : apakah sistem berjalan sesuai tujuan yang diharapkan atau tidak
ü    Jumlah penyakit yang diamati : Jumlah penyakit apa yang dominan dan resesif terhadap dampak yang di timbulkan
ü    Waktu, dana, tenaga yang diperlukan : mengatur waktu,dana dan tenaga yang diperlukan seminimal mungkin dengan hasil yang maksimal

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "