Presentasi Pertama Ekonomi Kesehatan

Ilmu Ekonomi adalah suatu studi mengenai individu dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang & jasa dan mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi, sekarang dan di masa yang akan datang kepada individu dan golongan masyarakat.
Salah satu manfaat dari ilmu ekonomi, yaitu kita dapat mengatur kehidupan pribadi kita seperti bagaimana mengalokasikan uang,waktu, dan tempat yang terbatas sehingga kita dapat mencapai apa yang diinginkan serta mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat, negara, maupun internasional dengan menguraikan, menggambarkan berbagai perilaku ekonomi.
Ilmu ekonomi perlu diaplikasikan dalam sektor kesehatan karena pengertian kesehatan saat ini jauh lebih luas & dinamis dibandingkan dengan batasan sebelumnya. Aspek kesehatan saat ini mencakup 4 aspek, yaitu: kesehatan seseorang tidak hanya diukur dari aspek fisik, mental & sosial saja, tetapi juga produktivitasnya dalam bidang ekonomi. Maksudnya, seseorang yang tidak mampu produktif, pengangguran dan tidak mampu menghasilkan pekerjaan termasuk adalah orang yang tidak sehat. Keempat dimensi tersebut saling mempengaruhi dalam mempertahankan serta meningkatkan derajat kesehatan seseorang.
-Contoh kegiatan ekonomi kesehatan:
1. Manajemen Rumah Sakit
2. Pemberantasan Sarang Nyamuk di Lingkungan Masyarakat
3. Pemilihan obat dengan atau tanpa menggunakan uang
4. Asuransi kesehatan pemerintah
5. Bekerja
- Masalah yang terkait dengan ekonomi kesehatan:
1. Peningkatan Jumlah Pengangguran
2. Pelayanan Kesehatan yang Tidak Merata
3. Kurangnya Pemahaman Ilmu Ekonomi Pada Ahli-ahli kesehatan
4. Gizi Buruk
5. Pemukiman Kumuh
6. Kurangnya Lapangan Pekerjaan

2 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih atas infonya...

Unknown mengatakan...

baguss :)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "